Senin, 04 November 2013

APA ITU FILSAFAT BIMBINGAN KONSELING?



Secara sederhana Filsafat BK diartikan sebagai Filsafat tentang BK. Oleh karena itu, filsafat sebagai metode pengetahuan dalam hal ini terlebih dahulu penting dipahami dan dikuasai
a.        Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli :
1.      Djumberansyah Indar
Filsafat yaitu  daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami, mendalami, menyelami secara radikal, integral dan sistematik tentang sesuatu sampai ke hakikatnya, sejauh yang dicapai akal manusia.
2.      Ilyas Ismail
Filsafat : kajian atau pembahasan yang mendalam tentang suatu masalah guna menemukan hakikat (kebenaran) dari masalah tersebut.

3.      (Ahmad Tafsir)
Filsafat: pengetahuan yang diperoleh dengan ‘berpikir’.

b.        Karakteristik Filsafat:
1.      Bersifat kritis, berani mengajukan pertanyaan  terhadap suatu masalah, dan berani memberikan jawaban atas permasalahan, sanggahan, bantah
2.      Radikal  (tidak berhenti di permukaan tapi sampai ke akar-akarnya)
3.      Universal, tidak ada kontradiksi pemikiran didalamnya, saling berhubungan secara konsisten antar jawaban kefilsafatan yg dikemukakan.
4.      Spekulatif, perenungan dengan melanglangbuanakan pemikiran secara luas dan memerlukan kekuatan nalar yang benar-benar cerdas.
5.      Koheren (logis) dan konsisten  (tdk ada kontradiksi)

c.         Cara kerja filsafat 1:
Menciptakan pemikiran dari pemikiran yg sudah ada sebelumnya. Boleh jadi mengulang pemikiran lama, atau memperkuat pemikiran-pemikiran dominan dlm masyarakat, atau menganalisis/mengeritik faham-faham  yg dianggap menyimpang (al-Jabiri dalam Ismail,2008)

d.      Cara kerja filsafat 2:
Ibarat seorang awam yang ingin tahu misteri sebuah gunung. Seperti apa gunung itu, ada apa saja di dalam gunung? Dengan rasa kepenasaranannya orang itu akhirnya melangkah setahap demi setahap mendaki gunung hingga mencapai puncak. Dan ia memperoleh suatu gambaran yang jelas dan terpadu. (Liang Gie).
Dalam upaya memperoleh gambaran yang jelas dan terpadu tentang filsafat, pendakian itu perlu ditempuh dengan banyak membaca buku-buku filsafat dan merenungkan kesimpulan-kesimpulannya secara sungguh-sungguh. (Liang Gie, 2000).
e.       Cara kerja filsafat 3:
Dengan menggunakan metode maieutike (kebidanan) ala Sokrates. Yaitu upaya agar dalam dialog apa yang terkandung dalam diri manusia bisa dilahirkan, diucapkan dan disadari. Membidani: membantu seseorang melahirkan apa yang dikandungnya. Gagasan dalam benak atau keyakinan dalam lubuk hati, yang sedang dipikirkan dikeluarkan melalui stimulus tertentu.
f.       Fungsi Filsafat bagi BK:
1.      Induk yg melahirkan dan membantu mengembangkan pengetahuan BK hingga menjadi hidup dan berkembang
2.      Menjadikan BK terbuka terhadap setiap pertanyaan, sanggahan, sangkalan, dan dituntut kesiapan mempertanggungjawabkannya secara argumentatif.
3.      Fils mempersoalkan istilah-istilah pokok

4.      Dengan kritik ilmu tumbuh dg baik

0 komentar:

Posting Komentar