Sabtu, 08 November 2014

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid


Semua wanita mengalami yang dinamakan haid atau menstruasi jika waktunya sudah tepat pada masa puber. Akan tetapi hanya sebagian dari wanita ini yang mengalami masa “penyiksaan” yaitu saat bagian perut bawah akan terasa sangat nyeri dan bagian pinggul dan pinggang kita akan terasa panas dan pegal. Hal tersebut lumrah dialami oleh wanita yang sedang menstruasi. Beberapa wanita akan merasakan rasa sakit dan nyeri yang hebat pada saat menstruasi hingga mengganggu aktivitasnya. Sebagian yang lain tidak terlalu merasa nyeri. Oleh karenanya, mari kita bahas cara mengatasi nyeri saat haid agar para wanita pun dapat tetap aktif selama haid.
Rasa sakit dan nyeri pada bagian perut bawah diakibatkan oleh adanya proses peluruhan rahim dimana rahim yang tidak dibuahi tersebut luruh menjadi darah menstruasi. Jadwal menstruasi normal seorang wanita adalah 28 hari, bisa lebih cepat atau lebih lambat beberapa hari dari pada itu. Bagi yang biasanya merasakan nyeri, perubahan periode menstruasi normal ini akan membuat rasa nyeri menjadi lebih hebat untuk beberapa kasus.
Mengatasi nyeri saat haid yang biasa dilakukan adalah dengan mengompres bagian bawah perut dan pinggang dengan menggunakan kompresan air hangat yang memberi efek nyaman pada perut dan pinggang. Lakukan pengompresan ini dengan berbaring atau bisa juga dengan berbaring sambil menyenderkan kaki ke tembok dengan posisi siku-siku. Posisi ini akan membuat otot pada perut tertarik dan membuatnya lebih nyaman, begitu juga pada pinggang.
Jangan percaya mitos bahwa dengan meminum es akan membuat haid berhenti karena darahnya membeku, tentu saja hal ini tidak benar karena salurannya berbeda. Akan tetapi memang meminum es saat haid akan membuat rasa nyeri bertambah hebat untuk beberapa wanita. Mengatasi nyeri saat haid dengan menggunakan kopi juga tidak sepenuhnya benar. Kopi memang akan membuat Anda lebih berenergi saat haid, akan tetapi setelahnya, Anda justru akan bertambah lemas dan masih tetap merasa nyeri. Cara paling cepat mengatasi nyeri adalah dengan meminum ibuprofen untuk menekan syaraf nyeri akan tetapi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dari pada meminum obat, tentu saja minum air putih yang cukup serta berolah raga ringan merupakan pilihan cara untuk mengatasi nyeri yang dapat Anda coba, tanpa efek samping.

0 komentar:

Posting Komentar